Festival PGSD (Education and Art)

Festival PGSD (Education and Art)

Selasa, 18 April 2017 menjadi hari pertama kegiatan Pagelaran Seni and Anniversary PGSD ke-10. Acara pembukaan dihadiri oleh

ratusan mahasiswa dan dosen-dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor 1 Universitas Hamzanwadi Dr. H. Khirjan Nahdi M.Hum., dengan diawali penyampaian pesan kepada dosen dan mahasiswa. Penguatan tersebut menegaskan bahwa, Universitas Hamzanwadi sekarang berada pada predikat perguruan tinggi swasta terbaik di Provinsi Nusa Tenggara Barat dari 60 perguruan tinggi, peringkat ke-9 di tingkat kopertis VIII dari 170 perguruan tinggi swasta dan peringkat 200 nasional dari 4.413 perguruan tinggi negeri dan swasta. Hal tersebut patut kita syukuri dan banggakan.

Pendidikan menjadi instrumen utama dalam peradaban sekarang ini. Sehingga mindset terhadap paradigma pendidikan harus di transformasikan sesuai dengan tuntutan zaman yang terus mengalami perkembangan dengan menghadirkan tantangan yang lebih kompleks. Oleh karena itu, pengalaman belajar mahasiswa, seyogyanya tidak terbatas pada konsep-konsep, melainkan lebih mengarah pada implementasi dari konsep-konsep tersebut. Sinergi dari kegiatan Pagelaran Seni dengan tema “Education and Art”, menjadi satu komitmen yang bertujuan untuk memajukan Universitas Hamzanwadi melalui kapasitas Program Studi jurusan Ilmu Pendidikan.

Pada kesempatan ini, Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Muhammad Sururuddin, M.Pd juga menegaskan bahwa, kegiatan-kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi calon guru (mahasiswa) khususnya di Sekolah Dasar. Karena tuntutan menjadi guru yang profesional, tidak cukup hanya menguasai keterampilan mengajar saja yang diperoleh mahasiswa pada proses perkuliahan tetapi, keterampilan-keterampilan seperti ekstrakurikuler maupun seni perlu di tumbuhkembangkan. Hal tersebut tentu saja menjadi salah satu indikator guru profesional sehingga, mahasiswa selaku calon guru mampu bersaing di era global sekarang ini.

Keseimbangan bidang pengajaran dan keterampilan-keterampilan tersebut, sesuai dengan profil lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yaitu, mampu mendeseminasikan gagasan-gagasan inovatif untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar yang diimbangi dengan karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik, peneliti, dan  praktisi dan konsultan pendidikan  di tingkat satuan pendidikan sekolah dasar.

Kegiatan Pagelaran Seni and Anniversary PGSD ke-10 merupakan rangkaian program dari Festival PGSD dengan tema “Education and Art”, yang sebelumnya telah sukses melaksanakan kegiatan MOK (Manajemen Organisasi Kepemimpinan) dan Talk Show dengan tema “How to be a great teacher”. Selanjutnya, pada kegiatan Pagelaran Seni and Anniversary PGSD ke-10, diadakan perlombaan kesenian tongkek (musik khas Pancor), lomba tari kreasi gumu famere, lomba tari tradisional, lomba drumband dan lomba olimpiade lima mata pelajaran.

Kegiatan pagelaran seni dengan tema “Education and Art”, sebagai program kerja HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar menjadi wujud nyata komitmen untuk memajukan dan mensyiarkan Universitas Hamzanwadi sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Provinsi Nusa Tenggara Barat kepada masyarakat NTB, khususnya masyarakat Lombok Timur.

Acara pembukaan, ditutup dengan penampilan 30 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mempersembahkan tarian “PGSD Besemeton”.

Beberapa dokumentasi koegiatan dapat di akses pada laman gallery.


Leave a Reply