Kurikulum

Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNIVERSITAS HAMZANWADI Berbasis KKNI

No Profil Lulusan Capaian Pembelajaran (CP) Elemen Kompetensi
PK KK KB PB BB
1 Tenaga Pendidik Sekolah Dasar A.  Sikap
1.   Bertaqwa kepada Tuhan  Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
2.   Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
3.   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
4.   Berperan   sebagai   warga  negara   yang bangga dan  cinta tanah  air,  memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
5.   Menghargai Keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
6.   Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
7.   Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
8.   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9.   Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan  di  bidang keahliannya  secara mandiri.
10.   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
11.   Memiliki adab dan karakter yang baik dan kuat dalam  menuntut serta mengamalkan ilmu terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di SD/MI.
B.  Pengetahuan
1.   Menguasai  konsep  dasar teoretik  bidang makro pedagogik, meliputi kajian pendidikan teoretis, filosofis,  psikologis, sosiologis dan antropologis dalam bidang kependidikan
2.   Menguasai  konsep  dasar teoretik  bidang mikro pedagogik  meliputi  konsep  dasar keilmuan lima bidang studi yaitu, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam kurikulum SD/MI
3.   Menguasai  konsep  dasar teoretik  terkait dengan metodologi pembelajaran dan evaluasi pada lima bidang studi  di SD yaitu, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Sosial
4.   Menguasai pengetahuan dasar TIK, olahraga,   dan   seni untuk   efektifitas pembelajaran dan pengembangan diri
5.   Menguasai sejarah dan perkembangan Nahdlatul Wathan
6.   Memahami dan menguasai adab menuntut ilmu terkait profesi sebagai tenaga pendidik di SD/MI
7.   Menguasai pengetahuan terkait kepramukaan dan kepalangmerahan sesuai kebutuhan peserta didik di SD/MI
C.  Keterampilan Umum
1.   Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis,   sistematis,   dan inovatif  dalam konteks  pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai  dengan  bidang keahliannya.
2.   Mampu  menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
3.   Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
4.   Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman  perguruan tinggi.
5.   Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya,  berdasarkan  hasil analisis informasi dan data.
6.   Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaga.
7.   Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja  yang berada di  bawah tanggung jawabnya.
8.   Mampu  melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya,  dan  mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
9.   Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
D.  Keterampilan Khusus
1.   Menunjukkan keterampilan merancang, melaksanakan dan menilai proses dan hasil pembelajaran yang saintifik, inspiratif, inovatif, menantang,  menyenangkan  dan memotivasi sesuai dengan karakteristik peserta didik SD/MI.
2.   Menunjukkan kompetensi pedagogic dalam bidang ilmu pendidikan di SD/MI.
3.   Menunjukkan kompetensi pedagogik terkait Dengan metodologi pembelajaran  untuk lima  bidang  studi yaitu, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Sosial terkait dengan kurikulum SD/MI.
4.   Menunjukkan keterampilan memanfaatkan teknologi informasi baik secara mandiri maupun berkelompok secara produktif untuk Efektifitas pembelajaran dan pengembangan diri.
5.   Menunjukkan keterampilan Berkomunikasi efektif dalam Mengkomunikasikan informasi, gagasan analisis, argumen dan menjalin hubungan, profesional serta interpersonal, baik secara lisan dan tertulis, di lingkungan kerja kependidikan.
6.   Memiliki  keterampilan berbahasa inggris untuk mendukung kompetensi guru kelas di SD/MI.
2. Peneliti Bidang Pendidikan dan Pembelajaran A.  Sikap
1.   Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
2.   Menjunjung Tinggi nilai kemanusiaan dalam Menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
3.   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan  peradaban berdasarkan Pancasila.
4.   Berperan sebagaiwarga negara yang bangga  dan  cinta  tanah air,  memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
5.   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6.   Bekerja  sama  dan  memiliki  kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
7.   Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8.   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9.   Menunjukkan Sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
10.   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
B.  Pengetahuan
1.   Menguasai  konsep  dasar teoretik terkait dengan metodologi penelitian
2.   Menguasai konsep dasar teoretik penulisan karya ilmiah
3.   Menguasai konsep dasar teoretik evaluasi pendidikan
4.   Menguasai konsep dasar teoretik statistika
C.  Keterampilan Umum
1.   Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks  pengembangan  atau  implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan  menerapkan nilai humaniora yang sesuai  dengan  bidang keahliannya;
2.   Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
3.   Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik  seni, menyusun  deskripsi  saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
4.   Mampu menyusun  deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas  akhir, dan mengunggah nya dalam  laman  perguruan tinggi;
5.   Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di  bidang keahliannya, berdasarkan  hasil analisis informasi dan data;
6.   Mampu memelihara dan mengembangkan Jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
7.   Mampu Bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok  dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja  yang berada di  bawah tanggung jawabnya;
8.   Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok  kerja  yang berada di bawah tanggung jawabnya,  dan  mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
9.   Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
D.  Keterampilan Khusus
1.   Menunjukkan kemampuan melakukan riset berdasarkan metodologi penelitian untuk memberikan alternative penyelesaian masalah kependidikan di tingkat SD/MI
2.   Menunjukkan kemampuan menyusun deskripsi saintifik hasil riset di SD dalam bentuk skripsi
3.   Menunjukkan kemampuan mempertanggung Jawabkan dan mengkomunikasikan hasil penelitiannya, baik  secara lisan  dan  tertulis, individual maupun kelompok pada masyarakat keilmuan maupun masyarakat luas
 3. Praktisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar A.  Sikap
1.   Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
2.   Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
3.   Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara,  dan peradaban berdasarkan Pancasila
4.   Berperan  sebagai   warga negara   yang bangga  dan  cinta  tanah air,  memiliki Nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
5.   Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
6.   Bekerja sama dan memiliki kepekaan social Serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
7.   Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
8.   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
9.   Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
10.   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
B.  Pengetahuan
1.   Menguasai  konsep  dasar teoretik  dalam bidang ilmu humaniora  dan  terapan kependidikan
2.   Menguasai  pengetahuan  factual tentang profesi keguruan
3.   Menguasai pengetahuan tentang pengelolan lembaga belajar
4.   Menguasai  konsep  dasar teoretik makro dan mikro pedagogic untuk tingkat SD/MI
C.  Keterampilan Umum
1.   Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora  yang sesuai  dengan  bidang keahliannya;
2.   Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
3.   Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik  seni,  menyusun  deskripsi saintifik  hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
4.   Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman  perguruan tinggi;
5.   Mampu mengambil  keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di  bidang keahliannya,  berdasarkan  hasil analisis informasi dan data;
6.   Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
7.   Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok   dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di  bawah tanggung jawabnya;
8.   Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap  kelompok  kerja  yang berada di bawah tanggung jawabnya,  dan  mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
9.   Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
D.  Keterampilan Khusus
1.   Menunjukkan kemampuan dalam mengembangkan media dan sumber belajar di SD/MI
2.   Menunjukkan kemampuan dalam merancang evaluasi pembelajaran  di sekolah dasar secara berkelanjutan
3.   Menunjukkan kemampuan mengelola suatu bimbingan belajar
4.   Menunjukkan kemampuan merancang pembelajaran di SD/MI
5.   Menunjukkan kemampuan dalam membina extra kurikuler
6.   Mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber  belajar  yang  inovatif  sebagai  guru kelas di SD /MI
7.   Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD /MI

BAHAN KAJIAN

  1. Ilmu Pendidikan
  2. Sosiologi & Antropologi pendidikan
  3. Dasar dan pengembangan kurikulum
  4. Strategi pembelajaran
  5. Media dan sumber pembelajaran
  6. Manajemen Pendidikan
  7. Asessmen Pembelajaran
  8. Psikologi (Pendidikan,  Belajar, Perkembangan, Sosial dan kesehatan mental)
  9. Pendidikan Pancasila  & kewarganegaraan
  10. Ilmu Pengetahuan  sosial
  11. Matematika
  12. Ilmu pengetahuan alam
  13. Ilmu keolahragaan
  14. Bahasa Indonesia
  15. Filsafat pendidikan
  16. Bahasa Inggris
  17. Metodologi Penelitian
  18. Statistik Terapan
  19. Estetika (Seni tari, musik, dan rupa/ keterampilan)
  20. Bimbingan dan konseling
  21. ICT