Student Exchange

Student Exchange

Student Exchange

Program Pemanfaatan Teknologi Informasi (DARING)

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah memberikan peluang dan tantangan baru khususnya di dunia pendidikan. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi (TIK)

memberikan peluang terjadinya pembelajaran yang terdistribusi (distributed learning), pembelajaran yang terjadi kapan saja dan di mana saja melalui pembelajaran daring (online learning).

Peluang ini sangat mendukung upaya perluasan akses, relevansi dan pemerataan mutu pendidikankhususnya tingkat pendidikan tinggi.

Menjawab peluang dan tantangan tersebut, pada bulan November-Desember tahun 2016, Universitas Hamzanwadi mendapat program alih kredit (credit transfer) berbasis pembelajaran daring melalui PDITT/SPADA yang diberi nama program Strategi Alih Kredit melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi (SAKTI) dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Kemenristek Dikti). Program tersebut diikuti oleh perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia. Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi menjadi salah satu yang terpilih dalam merealisasikan program tersebut.

Program Pemanfaatan Teknologi Informasi (SAKTI) tersebut diikuti oleh 30 orang mahasiswa PGSD Universitas Hamzanwadi yang tersebar masing-masing 15 orang mahasiswa bertempat di Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jawa Tengah dan Universitas PGRI Yogyakarta. Begitu juga sebaliknya, masing-masing 15 orang mahasiswa dari kedua perguruan tinggi tersebut bertempat di Universitas Hamzanwadi. Untuk mata kuliah yang ditempuh oleh mahasiswa dari perguruan tinggi mitra yaitu pengembangan materi ajar sains SD, pengembangan pembelajaran IPS SD, pendidikan seni musik, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Melalui program tersebut, mahasiswa mendapatkan wawasan baru dalam mengikuti perkuliahan secara tatap muka di perguruan tinggi mitra yang dikunjungi dan secara online dari perguruan tinggi asal. Dengan penciri pada perguruan tinggi mitra yang dikunjungi oleh mahasiswa dari perguruan tinggi asal tersebut dapat memperluas wawasan, menambah informasi, dan menumbuhkan inspirasi dalam hal positif yang kemudian dapat dikembangkan di daerah asal.

Maju bersama Universitas Hamzanwadi


Leave a Reply