Visi dan Misi

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

PROGRAM STUDI PGSD

Visi :
Pada tahun 2041 menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing di bidang pendidikan dasar berbasis budaya santri.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dilandasi nilai-nilai ajaran Islam dan moral Pancasila, berbasis pada kompetensi, dan berdasarkan pada kebutuhan global.
  2. Menciptakan suasana akademik yang berkepribadian, dinamis, kreatif, dan adaptif terhadap pengaruh global.
  3. Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan dasar berbasis pada bidang keahlian yaitu Matematika, Sains, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan penelitian dan pendidikan sekolah dasar berbasis pada kebutuhan masyarakat.
  5. Menyelenggarakan kemitraan dengan instansi, alumni dan atau organisasi yang terkait di bidang pendidikan dasar.

Tujuan :

  1. Menghasilkan guru SD yang kompeten, peka terhadap perubahan global, serta dilandasi nilai-nilai ajaran islam dan moral pancasila.
  2. Terciptanya suasan akademik yang berkepribadian dinamis, kreatif, dan adaptif terhadap pengaruh global.
  3. Menghasilkan penelitian di bidang pendidikan dasar untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  4. Terselenggaranya kegiatan pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan penelitian dan pendidikan sekolah dasar berbasis pada kebutuhan masyarakat.
  5. Terjalinnya kemitraan yang bersinergi dengan instansi, alumni dan atau organisasi yang terkait untuk peningkatan mutu tri dharma perguruan tinggi.

Sasaran :

  1. Menjadi pusat keunggulan dalam menghasilkan dan mengembangkan Guru SD yang kompeten berpredikat sarjana santri di tingkat lokal, regional, dan nasional.
  2. Menjadi lembaga ilmiah sekaligus masyarakat ilmiah dalam proses akademik yang dilaksanakan secara optimal sesuai dengan perkembangan IPTEKS.
  3. Terciptanya kreativitas dan inovasi pembelajaran dalam bidang pendidikan dasar pada keahlian matematika, sains, bahasa Indonesia, IPS, dan PKn.
  4. Terciptanya produk dan teknologi tepat guna sesuai kebutuhan masyarakat.
  5. Memperluas jaringan program studi dalam bidang akademik dan non akademik sesuai perkembangan global di bidang pendidikan dasar untuk menunjang pembangunan nasional.

Strategi Pencapaian :

No Jenis Kegiatan Strategi Pencapaian Indikator Base line Target Capaian Lima Tahun Pertama
2017 2018 2019 2020 2021
1. Bidang Pendidikan
a. Mengembangkan kurikulum sesuai aturan yang berlaku Workshop peninjauan Kurikulum Tersedianya  katalog kurikulum berbasis KKNI sesuai peraturan yang berlaku (dalam %) 75 90 100 100 100 100
b. Menyusun perangkat pembe-
lajaran sesuai kurikulum yang berlaku
Workshop penyusunan perangkat pembelajaran Tersedianya perangkat pembelajaran untuk semua mata kuliah
RPS 75 90 100 100 100 100
DPBK 75 90 100 100 100 100
RTMP 75 90 100 100 100 100
Bahan ajar/Buku 75 90 100 100 100 100
c. Melaksanakan pembelajaran yang inovatif Lesson Study Terlaksananya pendekatan lesson study untuk semua mata kuliah 0 2 3 6 9 13
Hibah Revitalisasi Tersedianya kurikulum berbasis KKNI dan perangkat pembelajaran untuk semua mata kuliah 75 90 100 100 100 100
E-learning Terimplementasikannya E-learning untuk semua Mata Kuliah (dalam jumlah) 4 4 6 8 10 12
d. Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Mahasiswa General English Terbangunnya kemampuan berbahasa Inggris Mahasiswa (dalam %) 25 30 45 55 65 75
e. Memberdayakan peran laboratorium dalam pembelajaran secara maksimal Workshop penyusunan petunjuk praktikum dan pembuatan media pembelajaran. laboratorium dapat digunakan pada mata kuliah praktikum 100 100 100 100 100 100
f. Melaksanakan seminar nasional dan internasional Memfasilitasi kegiatan seminar nasional dan internasional terlaksananya seminar nasional dan internasional 1 1 1 2 2 3
g. Meningkatkan layanan berbasis teknologi Melakukan sosialisasi secara intensif pada dosen dan mahasiswa

terbangunnya sistem informasi berbasis teknologi melalui jaringan LAN untuk seluruh jenis layanan (dalam %)

18 18 18 9 9 0

terbangunnya sistem informasi berbasis teknologi melalui jaringan WAN untuk seluruh jenis layanan (Dalam %)

82 82 82 91 91 100
h. Meningkatkan fungsi HMPS, dalam kegiatan pembelajaran Pembentukan pengurus HMPS dan penyusunan program kerja masing-masing devisi Terlaksananya pertemuan rutin dengan mahasiswa untuk mengontrol kegiatan perkuliahan (jumlah pertemuan dalam 1 tahun) 12 12 12 14 14 16
i. Meningkatkan kualitas pembelajaran Melaksanakan workshop pembelajaran Terlaksananya workshop pembelajaran yang relevan dengan program studi (jumlah workshop dalam 1 tahun) 2 2 2 3 3 4
j. Melengkapi bahan pustaka Mengadakan bahan pustaka melalui kerjasama dengan penerbit dan meningkatkan jumlah sumbangan alumni Terpenuhinya kebutuhan bahan pustaka/ referensi program studi (jumlah judul yang sesuai) 400 450 495 500 555 610
2. Bidang Penelitian
a. Meningkatkan fungsi publikasi ilmiah dosen melalui jurnal program studi Pelatihan penyusunan artikel hasil penelitian Jumlah artikel yang dipublikasikan melalui jurnal ber-ISSN 7 7 8 10 13 15
Memfasilitasi pengelola jurnal dan dosen program studi dalam workshop online jurnal system (OJS) Tersedianya jurnal  program studi 1 1 1 2 3 4
Melaksankan pelatihan penulisan buku teks Jumlah buku dosen yang mempunyai ISBN 0 1 3 5 10 15

Melaksankan pelatihan penulisan artikel di jurnal nasional dan internasional

Jumlah artikel di prosiding seminar nasional dan internasional 12 22 37 45 55 65
b. Meningkatkan jumlah penelitian mahasiswa Melaksankan pelatihan penyusunan proposal penelitian bagi mahasiswa Jumlah proposal yang dihasilkan 6 10 10 15 15 20
c. Melaksanakan workshop pene
litian dosen dan mahasiswa
Memfasilitasi pelaksanaan workshop pene
litian dosen dan mahasiswa
Jumlah proposal yang dihasilkan 3 10 15 17 23 27
d. Meningkatkan jumlah skim penelitian dosen pemula, hibah ber
saing, dan fundamental
Mengusulkan skim penelitian dosen pemula, hibah ber
saing, dan fundamental
Meningkatnya jumlah proposal yang lolos dalam skim penelitian yang dilaksanakan oleh Diklti (hibah dosen pemula dan hibah bersaing dll) 2 4 4 6 10 15
3. Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat
a. Melaksanakan PKM berbasis kebutuhan masyarakat Memfasilitasi pelaksanaan PKM berbasis kebutuhan masyarakat Jumlah PKM berbasis masyarakat yang terlaksana 8 8 10 15 18 25
b. Membangun kerjasama atau kemitraan dengan organisasi/ lembaga/ instansi pemerintah dan swasta Melaksanakan kerjasama atau kemitraan dengan organisasi/ lembaga/ instansi pemerintah dan swasta Beberapa MoU telah diperoleh dalam negeri 4 26 27 29 33 38
Beberapa MoU telah diperoleh luar negeri 3 4 5 7 8 10
c. Meningkatkan jumlah skim PKM yang diselenggarakan Kemenristek dikti Mengusulkan skim PKM yang diselenggarakan Kemenristek dikti Meningkatnya jumlah skim PKM diusulkan oleh dosen program studi 1 2 3 5 8 13